Terlaris Benih Buncis Unggul Dari Lebat 3

152
Buncis Lebat 3

Benih Buncis ini sempat menjadi benih fenomenal karena tingginya permintaan di pasaran, namun karena sedikitnya stok yang tersedia harga benih ini sempat melonjak.

Buncis varietas ini memiliki vigor yang kokoh dan cabang yang produktif. Buncis lebat 3 ini juga memiliki rasa yang manis dan tidak berserat.

Tanaman buncis juga dapat beradaptasi pada dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan suhu udara 20-25 derajat celsius. Untuk membudidayakan tanaman ini disarankan juragan menanamnya ketika musim panas.

Tentu kita tidak asing dengan istilah “katakan cis kacang bunciiiis” sebelum berfoto, mengatakan buncis saat berfoto terbukti akan menunjukkan raut bahagia dalam kamera.

Sebenarnya, tidak hanya ucapan buncis saat berfoto saja yang membuat bahagia, dengan membudidayakan buncis lebat 3 cap kapal terbang juga bisa membuat juragan bahagia karena nilai ekonomisnya yang tinggi.

Hasil Tanam

Potensi hasil tanam buncis Lebat 3 adalah bentuk buahnya silindris dengan warna hijau terang dengan panjang polong 22 cm dan diameter 0.8 cm. Permukaan kulit buah cenderung halus. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 2 meter.

Buncis Lebat 3

Persiapan Lahan

Lahan yang subur adalah kunci utama keberhasilan budidaya. Lahan yang akan digunakan untuk menanam buncis lebat-3 haruslah merupakan lahan yang subur atau kaya akan nutrisi hara mikro dan makro.

Jika lahan kurang subur, tentu saja juragan perlu mengolahnya terlebih dahulu, pengolahan sendiri terdiri dari pembersihan, pembajakan lahan, pemupukan dan pengapuran apabila tanah bersifat masam.

Pembajakan lahan bertujuan untuk membolak-balik tanah sehingga tanah yang subur akan berpindah ke bagian atas.

Setelah itu buatlah bedengan selebar 1 m dengan tinggi 30 cm. Buatlah lubang kedalaman 10 cm dengan jarak 50 cm x 40 cm.

Selain itu perbaikan unsur hara bisa dilakukan dengan cara penambahan pupuk dasaran. Pupuk dasaran yang digunakan antara lain pupuk kandang dengan dosis 5-10 ton/ha dan SP36 200-300 kg/ha.

Penyemaian

Penyemaian pada benih buncis lebat 3 bisa dilakukan pada tray semai dengan cara merendam benih selama 24 jam dengan air. Jika ditemukan bibit yang mengambang, itu artinya bibit tidak cukup bagus untuk dibudidayakan.

Media semai sendiri juragan bisa menggunakan pupuk kandang matang, sekam dan arang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Penyiraman pada proses ini bisa juragan lakukan secukupnya saja untuk menjaga agar kelembaban tanaman selama persemaian tetap menjaga kelembabannya.

Pada hari ke 3 – 5 hari, pertahankan pertumbuhan daun hingga mencapai 4 – 5 helai. Meski demikian juragan juga bisa langsung menanamnya tanpa proses penyemaian.

Penanaman

Penanaman Buncis Lebat 3 cukup mudah, dimana juragan bisa menanamnya secara tunggal, dimana setiap lubang tanam diisi 2-3 biji. Umumnya 2 biji sudah cukup. Per hektarnya, juragan memerlukan benih mencapai 35 Kg/ha.

Jika juragan menanam buncis pada musim hujan, sebaiknya jarak tanam tidak terlalu rapat agar lingkungan sekitar tanaman tidak terlalu lembab.

Jika Juragan tidak ingin melakukan proses penyemaian, maka alangkah baiknya benih buncis tersebut dicampur dengan insektisida terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghindari serangan hama perusak benih yang ada di dalam tanah.

Pemeliharaan dan Perawatan

Setelah tanaman berumur 7 jari, juragan bisa memasang lanjaran setinggi 2 M untuk nantinya digunakan sebagai media perambatan. Jika tanaman buncis telah berumur 15 hari setelah tanam sampai 35 hari setelah tanam untuk menjaga tanaman dari serangan hama penyakit dan menjaga kelembaban.

Selain itu agar pemberian pupuk susulan bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman buncis lebat 3. Meski demikian pemupukan ini bukan sebuah keharusan karena bergantung pada kondisi tanaman yang berbeda-beda di masing-masing daerah penanaman.

Prinsipnya pemupukan baik dengan pupuk kimia atau pupuk kandang hendaknya dilakukan secara tepat dan berimbang.

Pemeliharaan selanjutnya adalah pengairan, untuk mendapatkan hasil yang baik, pengairan bisa juragan berikan secukupnya saja sesuai dengan kondisi tanaman di lapangan. Meski demikian, saat fase tanam pengairan dilakukan secara rutin setiap sore sampai benih tumbuh.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama penyakit bisa dilakukan dengan penyemprotan pestisida. Jika kondisi normal maka juragan cukup melakukan penyemprotan 1-2x seminggu, namun jika banyak serangan, maka juragan perlu melakukan penyemprotan 2-4x seminggu.

Selain itu pengaplikasian insektisida juga diperlukan untuk menangkis serangan hama  yang kerap menyerang buncis. Seperti ulat tanah,  pengerek buah, tungau, lalat buah, kutu kebul dan lain sebagainya.

Dari daftar hama tersebut, hama pengerek buah merupakan momok bagi petani yang bisa merugikan petani, serangan pengerek buah biasanya terjadi pada saat buncis berada pada masa panen.

Serangan hama ini tentu berdampak pada kualitas dan kuantitas panen, sehingga penurunan harga di pasaran tak terelakkan.

Panen

Buncis bisa dipanen saat berumur kurang lebih 45 hari setelah tanam untuk tipe tegak dan 60 hari setelah tanam untuk tipe rambat dengan masa panen berlangsung hingga 30 hari.

Pemanenan ini bisa dilakukan setiap interval 1 kali panen dalam 3 hari.

Buncis lebat 3 cap kapal terbang memiliki potensi panen hingga 1.5 kg / tanaman. Hal ini tentu menjadi potensi yang sangat menggiurkan.

Harga Benih Buncis Lebat 3

Harga buncis Lebat 3 sekarang adalah Rp 49,000 per pcs. 1 bungkus buncis Lebat 3 berisi 500 gram, dan harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Jika Juragan ingin memesannya secara online, dapat hubungi no whatsapp kami 0822-4111-3131. Pengiriman dapat menggunakan JNE atau JNT, segera diskusikan biaya kirimnya dengan kami agar mendapat biaya paling cocok. Mengingat berat per bungkusnya setengah kilo, maka Juragan harap diskusikan biaya ongkir termurah, akan segera kami carikan yang terbaik.

Benih Buncis - Lebat 3 - 500 gr - Cap Kapal TerbangBenih Buncis - Lebat 3 - 500 gr - Cap Kapal TerbangBenih Buncis - Lebat 3 - 500 gr - Cap Kapal Terbang

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani
Green Magic, Benih Brokoli yang Ajaib!
Benih Brokoli, Green Magic Sakata Kemasan Jumbo

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 16 =