Mengenal Pendatang Baru Benih Cabe Keriting Luwes BRC

0
75

Benih Cabe Keriting Luwes Produksi BRC ini merupakan salah satu benih cabe keriting pendatang baru. Meski demikian varietas Luwes ini merupakan tanaman cabe keriting yang sudah teruji ketahanannya.

Potensi Panen juga tidak mengecewakan, karena dalam 1 tanaman Cabe Keriting Luwes, juragan bisa mendapatkan 1 Kg cabe saat dipanen.

Lokasi yang tepat untuk menanam cabe keriting yaitu pada lokasi di ketinggian 2000 mdpl, dengan suhu 16 – 23 derajat celsius.

Indonesia sendiri memiliki kekayaan kuliner pedas dengan banyaknya varian sambal. Cabe keriting luwes ini tentu akan banyak diminati pasar karena rasanya yang sangat pedas sedhingga cocok untuk warung makan yang menyediakan aneka sambal.

Cabe Keriting Luwes

Persiapan Lahan

Agar mendapatkan hasil yang optimal, juragan bisa memilih lahan dengan jenis tanah ideal dengan karakteristik tanah yang tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering.

Setelah menemukan lahan dengan karakteristik tersebut, juragan perlu melakukan penggemburan lahan, bisa dengan cara dibajak atau dicangkul, hal ini bisa juragan sesuaikan dengan luas lahan.

Penggemburan tanah tersebut bertujuan untuk menyerap unsur hara dalam tanah.

Langkah selanjutnya adalah pembuatan bedengan yang bisa dilakukan setelah tanah menjadi gembur, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 100 – 120 cm, jarak antar bedengan 60-70 cm dan tinggi 40-50 cm.

Sedangkan untuk panjang bedengan dapat disesuaikan dengan keinginan juragan, karena tidak ada patokan untuk panjang dari bedengan.

Jika bedengan telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah pengapuran dengan dolomit. Fungsi pengapuran sendiri adalah menetralkan Ph dari tanah hingga ph tersebut ideal bagi tanaman cabe keriting luwes yang juragan budidayakan.

Setelah pengapuran selesai, juragan perlu memberikan pupuk organik sebanyak 20 ton/ha atau 1 Kg per tanaman. Pemberian pupuk ini bertujuan untuk memperbaiki tekstur dari tanah sehingga tanah menjadi lebih subur.

Pada larik tanah yang telah diberi pupuk selanjutnya bisa dirapikan, setelah rapi tutuplah larik bedengan dengan mulsa hitam perak.

Pemasangan mulsa bisa dilakukan pada siang hari, hal ini karena pada siang hari mulsa akan lebih lentur akibat panas dan tentunya mudah untuk ditarik.

Penyemaian

Penyemaian cabe besar kriting sebaiknya menggunakan wadah berupa polybag kecil karena jika penyemaian dilakukan dengan ditabur, maka dikhawatirkan akan ada banyak benih yang berhimpit sehingga tidak dapat digunakan dan ditanam lagi.

Juragan disarankan menggunakan media semai berupa campuran tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Opsi lainnya juragan bisa menggunakan tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1.

Sebelum semua media tersebut dicampur maka ada baiknya media tersebut diayak terebih dahulu.

Sebelum disemai, rendam benih cabe keriting dengan menggunakan air hangat selama 3 jam. Benih yang berkualitas adalah benih yang tenggelam, sehingga juragan bisa membuang benih yang mengambang.

Setelah perendaman selesai, masukkan benih cabe ke dalam polybag dengan kedalaman setengah sentimeter, tutup lubang dengan menggunakan kompos. Lalu juragan bisa menyiram sedikit air untuk menjaga kelembaban.

Selama penyemaian, hindari paparan matahari langsung, sehingga jika diperlukan juragan bisa memberikan jaring pelindung agar pertumbuhan bibit akan lebih efektif.

Penyemaian bisa dipindah setelah berumur 21-24 hari atau setelah benih memunculkan 3-4 helai daun. Pemindahan ini bisa juragan lakukan pada pagi atau sore hari.

Penanaman

Sebelum penanaman, juragan bisa membuat lubang sedalam 10 cm, alangkah baiknya jika lubang dibuat secara zig-zag. Hal tersebut berfungsi untuk mengatur penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara.

Setelah penyemaian tuntas, juragan bisa menyobek polybag dan dilanjut dengan memasukkan benih ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Kemudian siram supaya kelembaban tetap terjaga.

Proses Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan adalah kunci untuk mendapatkan cabe keriting dengan kualitas yang baik. Utamanya ketika musim kemarau tiba. Juragan tentu perlu melakukan penyiraman dengan dengan cara penggenangan.

Penggenangan ini pun harus dilakukan dengan hati-hati jika tanaman belum memiliki batang yang kuat. Penggenangan ini bisa dilakukan satu kali dalam 14 hari.

Agar tanaman cabe kriting luwes dapat berdiri tegak, maka juragan bisa memasang potongan bambu kecil atau ajir. Jarak penancapan ajir sekitar 4 cm dari bagian pangkal batang.

Pemasangan ajir ini bisa juragan lakukan setelah tanaman berumur 7 hari setelah tanam. Jika lebih dari hari itu, maka ditakutkan dapat merusak akar tanaman.

Selain itu, perawatan yang paling fundamental adalah proses penyiraman, hal ini harus dilakukan secara rutin selama masa tanam. Karena penyiraman air inilah yang menentukan hasil budidaya cabe merah kriting, terutama saat memasuki fase pembungaan dan pembentukan buah.

Juragan dapat melakukan penyiraman dengan interval 2 hari sekali atau 3 kali sehari tergantung dari kelembaban tanah.

Selain penyiraman, Juragan juga perlu membersihkan gulma di sekitar tanaman cabe merah keriting. Karena jika gulma tidak dibersihkan maka gulma tersebut akan berpotensi merebut unsur hara yang seharusnya diperuntukkan bagi tanaman cabe. Hal ini akan berpotensi pula menghasilkan racun, sehingga gulma harus disingkirkan dari lahan cabe.

Selain itu, pemupukan susulan juga perlu dilakukan, pemupukan ini dibagi menjadi 2 tahap, tahap pertama yakni pada fase vegetatif (usia 10-30 hari) dan pada masa generatif (umur 30 hari)

Pemanenan

Pemanenan merupakan proses final yang dilakukan dalam serangkaian proses budidaya cabe kriting luwes. Pemanenan ini bisa dilakukan setelah tanaman berumur 75 hingga 85 hari.

Lakukan pemanenan pada pagi hari sekitar jam 5 – 7 pagi. Agar cabe bisa bertahan lama, lakukan pemetikan beserta tangkai buah cabe.

Harga Cabe Luwes

Harga benih cabe Luwes asli dari BRC ini adalah Rp 140,000 per kemasan. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim jika Juragan memesan melalui whatsapp 0822-4111-3131.

Harga juga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Pengiriman biasanya menggunakan JNE atau JNT. Info lebih lanjut hubungi nomor whatsapp diakhir artikel ini.

Benih Cabe Keriting - Luwes - 10 gr - BRCBenih Cabe Keriting - Luwes - 10 gr - BRCBenih Cabe Keriting - Luwes - 10 gr - BRC

https://youtu.be/Q3BZP8cyZz0

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 2 =