Benih Cabe Keriting Red Kriss Takii Seed, Pedas Maksimal dan Tahan Kuning

124
Cabe Keriting Red Kriss

Benih Cabe Keriting alias CMK Red Kris Takii Seed merupakan salah satu benih langka sehingga tidak banyak yang menjual. Keunggulan dari benih varietas ini adalah ujung buah yang tidak mudah menguning, sehingga ketika cabe berusia tua maka akan menunjukkan warna yang segar.

Benih Cabe Red Kriss ini direkomendasikan untuk ditanam pada ketinggian 700 hingga 1200 mdpl dengan suhu 16-23 derajat celsius. Dalam 1 hektar juragan membutuhkan sekitar 100 sampai 120 gram benih.

Cabe sendiri merupakan sayuran yang sangat dibutuhkan baik untuk keperluan usaha seperti restoran/katering maupun kebutuhan rumah tangga.

Cabe Keriting Red Kriss

Hasil Tanam

Keunggulan cabe keriting varietas Red Kriss dapat menghasilkan tanaman dengan tinggi 115 sampai 125 cm. Warna batang hijau dengan bentuk daun runcing, panjang daun bisa mencapai panjang 12-14 cm dan lebar 4,5 – 5 cm.

Tanaman ini akan mulai berbunga pada usia 30-35 hari setelah tanam, dengan bentuk bunga seperti bintang, kepala putik berwarna kuning dan warna mahkota bunga berwarna putih keunguan.

Setelah tanaman berumur 90 – 95 hari setelah tanam, tanaman ini akan menghasilkan cabe dengan panjang 15 sampai 16 cm dengan diameter 0,55 sampai 0,73 cm.

Karakteristik bentuk biji pada varietas Red Kriss berbentuk bulat pipih dengan warna biji berwarna kuning. Rata-rata berat cabe per biji bisa mencapai 6 gram.

Dengan menanam benih cabe keriting red kriss, juragan bisa mendapatkan 87 sampai 182 cabe per tanaman, atau 0,5 kg sampai 1,2 kg per tanaman.

Persiapan Lahan

Dalam mempersiapkan lahan, juragan perlu memastikan apakah lahan yang yang akan ditanami bukan merupakan lahan  bekas tanaman cabe atau famili dari cabe seperti terong atau tomat.

Pengolahan lahan untuk tanaman cabe keriting red kriss meliputi penggemburan dan pembuatan bedengan. Penggemburan lahan bisa dilakukan dengan cara dicangkul atau dengan menggunakan bantuan traktor.

Saat juragan menggemburkan tanah, pastikan tanah tersebut terbalik secara sempurna. Artinya yang semula ada di bawah bisa diangkat keatas begitupun sebaliknya.

Setelah tanah menjadi gembur tahap selanjutnya adalah pembuatan bedengan, juragan bisa membuat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi 25 cm. Setelah itu juragan bisa menutupnya dengan mulsa plastik berwarna silver. Kemudian buatlah lubang dengan jarak sekitar 25 cm antar lubang.

Penyemaian

Sebelum melakukan penyemaian, juragan perlu melakukan perendaman benih ke dalam air, benih yang mengapung bisa dibuang karena mengapungnya benih merupakan tanda bahwa benih tidak layak ditanam.

Setelah perendaman selesai, tiriskan benih untuk selanjutnya dimasukkan kedalam media semai. Media semai bisa berupa campuran tanah subur dan kompos yang dikemas di dalam polybag kecil.

Normalnya benih cabe akan mulai berkecambah sebelum berumur 1 minggu. Pada taham ini juragan bisa memberikan obat tanaman agar benih tidak diserang hama. Benih cabe keriting red kriss bisa juragan pindahkan ke lahan bedengan setelah berusia minimal 14 hari.

Penanaman

Pemindahan benih dari media semai ke lahan bedengan bisa juga dilakukan setelah benih menunjukkan 3-4 helai daun.

Sebelum memindahknya, sobek polybag lalu pindahkan benih serta sebagian tanah yang ada di sekitar akar pada bedengan yang sudah disiapkan.

Juragan bisa melakukan penanaman dalam satu hari yang sama, tepatnya pada sore hari, saat matahari tidak terik. Setelah itu, siramlah dengan air untuk menjaga kelembabannya.

Pemeliharaan dan Penanganan Hama Penyakit

Pemeliharaan tentu menjadi kunci untuk mendapatkan buah cabe keriting dengan kualitas terbaik, berikut ini adalah langkah pemeliharaan cabe keriting Red Kriss.

  • Pengairan, Siramlah secara intens dan pastikan semua tanaman mendapatkan air dengan kadar yang sama. Untuk memudahkan menyiram, juragan juga bisa membuat genangan air di sekitar lahan, genangan ini cukup dilakukan dua kali seminggu saja.
  • Singkirkan tanaman yang rusak dengan segera, jika dibiarkan kerusakan ini ditakutkan akan menyebar dan menular ke tanaman lainnya.
  • Setelah tanaman berusia 7 HST, juragan busa menancapkan bilah bambu/ajir untuk menopang tanaman cabe. Hindari pemasangan saat usia tanaman sudah cukup matang, hal ini bertujuan agar tidak merusak fungsi akar yang sudah tumbuh besar.
  • Pemupukan, tentu diperlukan, juragan bisa memberikan pupuk sekali dalam 2 minggu, bisa menggunakan pupuk cair atau pupuk kandang.

Selain pemeliharaan tanaman, penanganan terhadap hama dan penyakit juga tidak kalah penting. Pengabaian terhadap serangan hama justru berpotensi meningkatkan peluang gagal panen, tentu hal ini menjadi sesuatu yang tidak diharapkan oleh seluruh petani cabe.

Untuk mencegah serangan hama seperti tungau, thrips, ulat grayak dll, juragan busa melakukan penyemprotan insektisida secara berkala.

Pemanenan

Pemanenan adalah tahapan terakhir dari budidaya cabe keriting red kriss, lamanya pemanenan bisa dipengaruhi oleh faktor kondisi tanah, iklim serta metode pemeliharaan. Namun untuk varietas Red Kriss sendiri juragan bisa memanennya pada usia 70 hari setelah tanam.

Ketika memanen, juragan bisa melakukannya pada pagi hari sebelum matahari terik. Lakukan pemanenan dengan mencabut tangkai cabe, hal ini bertujuan agar cabe mampu disimpan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu pilihlah buah cabe dengan kematangan sekitar 80-90%.

Pemanenan bisa juragan lakukan setiap 2 hingga 5 hari sekali setelah proses panen pada hari pertama.

Harga Bibit Cabe Red Kriss

Harga bibit cabe Red Kriss untuk sekarang ini adalah Rp 128,000 per pcs dengan kemasan 10 gram. Kemasan isi butir sekitar 2000 butir benih. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Juragan.

Hati-hati dengan produk palsu yang banyak beredar. Pastikan Juragan dapatkan produk asli. Segera hubungi kami melalui nomor whatsapp 0822-4111-3131.

Pengiriman melalui JNE atau JNT, siap kirim ke seluruh Indonesia. Bayar dan kirim. Tunggu 3-5 hari kerja.

Benih Cabe Keriting - Red Kriss - 10 gr - Takii Seed aBenih Cabe Keriting - Red Kriss - 10 gr - Takii Seed aBenih Cabe Keriting - Red Kriss - 10 gr - Takii Seed a

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Buah Cabe OR Twist 22 Yang Disukai Petani
OR Twist 42, Rajanya Cabe Keriting Indonesia
Cabe PM 999 F1 Bikin Untung Ratusan Juta
Penyebab Harga Cabe Tidak Stabil di Indonesia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 2 =