Benih Kacang Panjang Parade Tavi Cap Panah Merah Favorit & Tahan Layu

155
kacang panjang parade tavi

Benih Kacang Panjang Parade Tavi merupakan benih yang cocok ditanam pada dataran rendah – menengah dengan ketinggian 10 – 700 mdpl. Benih dengan varietas ini cukup menjadi favorit petani karena ketahanannya terhadp virus MYMIV, layu Fusarium dan layu bakteri.

Kacang panjang Parade Tavi yang juga saudara dari Kanton Tavi, juga bisa dipanen setelah berumur 45 – 55 HST, dengan potensi menghasilkan 25 – 35 ton/ha.

Kacang panjang merupakan sayuran yang mudah dijumpai baik di supermarket ataupun di warung sayur. Manfaat dari sayuran ini salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang panjang ini mengandung antioksidan yang melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, kacang panjang juga diketahui dapat melancarkan peredaran darah.

Selain itu, makanan ini juga baik untuk mengatasi anemia atau menambah darah dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki kandungan zat besi dan mineral lain yang dapat memicu perkembangan sel darah merah. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang ada dalam kacang panjang yang mampu menambah darah.

kacang panjang parade tavi

Hasil Tanam

Kacang panjang parade tavi memiliki bentuk polong silindris dengan buah yang berwarna hijau gelap dan ujung yang berwarna ungu dengan ukuran panjang rata-rata 70 cm. Tanaman ini juga memiliki vigor tanaman yang kuat dengan pertumbuhan yang seragam.

Persiapan Lahan

Kacang panjang bisa tumbuh baik pada lahan bertanah latosol atau lempung berpasir dan kaya akan unsur hara dan ph tanah berkisar antara 5 hingga 6.

Tanaman kacang panjang tidak tahan terhadap genangan air. Untuk itu juragan bisa memastikan lahan untuk menanam kacang panjang parade tavi memiliki sistem drainase yang baik. Sehingga juragan perlu mengolah tanah dengan cara membalik tanah sedalam 30 cm, setelah pembalikan tanah selesai diamkan tanah selama 2 hari.

Selanjutnya juragan bisa menggemburkan bongkahan tanah yang masih berukuran besar hingga didapatkan tekstur yang halus. Proses ini selain dapat meningkatkan porositas tanah, juga memudahkan akar tanaman dalam menyerap nutrisi dan air.

Kemudian, juragan bisa membuat bedengan dengan ukuran lebar 90 cm dengan tinggi 20 cm. Jarak antar bedengan adalah 30 hingga 50 cm.

Dalam membudidayakan kacang panjang, juragan tidak memerlukan banyak pupuk N berupa Urea. Cukup aplikasikan pupuk kandang (kotoran kambing) sebanyak 20-30 ton serta pupuk ZA 25 Kg, SP-36 75 Kg dan KCL 35 Kg untuk setiap hektar lahan.

Jika lahan yang akan ditanami sebelumnya merupakan bekas tanaman padi atau jagung, juragan bisa mengaplikasikan pupuk dasar, selain itu tambahkan pula kapur/dolomit dengan dosis 1-2 ton/ha. Kapur ini berfungsi untuk meningkatkan Ph tanah supaya tidak terlalu masam atau nilai ph tanah berkisar antara 6 – 6.5.

Apabila juragan menanam kacang panjang pada musim kemarau, tentu saja tantangannya adalah menjaga kelembaban tanah. Untuk itu juragan bisa menggunakan mulsa untu menutup permukaan tanah bedengan.

Selain menggunakan mulsa juragan juga bisa menggunakan jerami padi sisa penggilingan dengan harga yang lebih ekonomis.

Penanaman

Untuk menanam benih kacang panjang parade tavi, terlebih dahulu juragan membuat lubang tanam  dengan kedalaman 5 cm, kemudian benamkan 2 biji kacang panjang secara langsung. Aturlah jarak tanam 40 x 60 cm antar lubang tanam. Untuk setiap 1 ha lahan juragan membutuhkan benih sebanyak 15-20 kg.

Agar produktifitas kacang panjang semakin maksimal, juragan bisa melakukan pemasangan lanjaran dari bambu untuk rambatan cabang tanaman. Pemasangan bisa dilakukan bersamaan setelah pengolahan tanah untuk menghindari kerusakan akar tanaman. Perambatan tanaman kacang panjang ini bermanfaat untuk mengurangi serangan hama dan penyakit khususnya jamur daun, sekaligus meningkatkan sirkulasi udara.

Pemeliharaan dan Perawatan

Pada awal pertumbuhan, tanaman kacang panjang membutuhkan banyak asupan air. Sehingga juragan perlu melakukan penyiraman secara rutin 1 kali selama sehari. Bersihkan pula bedengan dari gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman.

Saat tanaman kacang panjang sudah berumur 30 hari, juragan bisa memberikan tambahan nutrisi berupa pemupukan. Pupuk yang bisa diaplikasikan adalah pupuk ZA 25 Kg, SP-36 Kg dan KCL 35 Kg setiap 1 ha lahan.

Pemupukan susulan ini bisa dilakukan dengan cara dikocor atau membenamkannya di sisi kanan dan kiri dengan jarak 5 cm dari pangkal batang.

Selain itu juragan juga perlu melakukan penyiangan atau pembersihan lahan dari tanaman pengganggu seperti rumput liar atau gulma. Jika tanaman liar ini diabaikan, maka ditakutkan tanaman kacang panjang akan berebut nutrisi tanah yang dibutuhkan tanaman, sehingga hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang tanaman.

Pemanenan

Buah kacang panjang bisa mulai dipanen setelah berumur 90 hari. Ciri kacang panjang yang sudah siap dipanen adalah warna kulit buah yang berwarna hijau keputihan dan mudah patah jika dilipat.

Pastikan pula polong yang ada didalamnya sudah mulai membesar, sehingga nantinya kacang muda yang dipanen tidak kopong.

Juragan juga bisa melakukan pemanenan 2 minggu sekali setelah masa pemanenan pertama. Dalam satu siklus tanam juragan bisa mendapatkan hasil panen sebanyak 16-18 kali.

Pemanenan bisa dilakukan dengan cara memotong tangkai polong dengan menggunakan pisau. Lakukan pemanenan pada pagi hari sebelum matahari menyengat.

Harga Benih Kacang Panjang Parade Tavi

Harga benih kacang panjang Parade Tavi ini terdapat dua variasi. Harga untuk Parade Tavi kemasan 500 gr adalah Rp 123,000/ kaleng. Dan harga kemasan sachet 200 butir adalah Rp 15,000/ pcs.

Harga diatas belum termasuk ongkos kirim jika Juragan ingin memesan secara online (pemesanan melalui whatsapp 0822-4111-3131). Harga juga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Pastikan Juragan mendapatkan benih original dari kami. Hati-hati banyak beredar benih palsu!

Benih Kacang Panjang - Parade Tavi - 500 gr - Cap Panah MerahBenih Kacang Panjang - Parade Tavi - 500 gr - Cap Panah MerahBenih Kacang Panjang - Parade Tavi - 500 gr - Cap Panah Merah

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani
Terlaris Benih Buncis Unggul Dari Lebat 3

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − thirteen =