Benih Sawi Putih Siola Pertiwi, Tahan Penyakit Akar Gada

153
Sawi Putih Siola

Sawi putih merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok pekinensis, sayuran ini juga dikenal dengan petsai atau sawi cina yang populer di Tiongkok. Di Korea sayuran ini digunakan sebagai bahan baku kimchi.

Salah satu benih sawi putih yang  populer di kalangan petani adalah benih sawi putih siola pertiwi. Benih ini cocok pada musim normal maupun musim penghujan.  Benih ini juga beradaptasi lebih cepat didataran tinggi. Dengan ketinggian 800-1600 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Benih sawi putih siola pertiwi juga dijamin keunggulannya karena kualitas ketahanan akar gada dan busuk lunak, potensi hasil sangat menguntungkan.

Sayuran sawi putih memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Tidak hanya itu sayuran sawi putih juga menjaga kesehatan mata karena terdapat vitamin A dan beta karoten.

Sawi Putih Siola

Hasil Tanam

Benih Sawi Putih Siola Pertiwi dapat menghasilkan sawi dengan warna daun hijau yang kompak. Bentuk yang padat dengan berat mencapai 2.6 Kg per tanaman. Tentu saja juragan tak perlu heran apabila potensi hasilnya bisa mencapai 50 – 80 ton/ha.

Persiapan Lahan

Juragan dapat mempersiapkan lahan dengan menggemburkan tanah yang akan ditanami, bisa menggunakan cangkul atau traktor. Penggemburan ini bertujuan agar tanah menjadi ramah sehingga aerasi dapat berjalan baik dan zat-zat beracun akan hilang.

Setelah itu gulma ataupun rumput liar juga perlu dihilangkan terutama akar alang-alang.  Akar ini harus dibebaskan karena dapat tumbuh bebas tanpa persaingan dalam memperebutkan unsur hara dengan gulma.

Jika perlu juragan bisa melakukan pengapuran apabila Ph tanah kurang dari 5,0. Untuk satu hektar lahan setidaknya dibutuhkan 1 ton kapur.

Setelah tanah menjadi gembur maka langkah selanjutnya adalah pembuatan bedengan. Demi menunjang pertumbuhan benih, bedengan yang dibuat juragan harus memiliki ukuran dengan lebar  sekitar 40 cm dan panjangnya bedengan harus disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Selain bedengan, juragan juga perlu membuat tempat untuk aliran air. Aliran air ini biasanya berada diantara dua bedengan dengan lebar sekitar 40 cm.

Penyemaian

Penyemaian adalah proses yang sangat penting ketika juragan hendak menanam benih sawi putih siola pertiwi. Penyamaian juga bertujuan agar tanaman tidak mudah stress dan dapat tumbuh optimal.

Untuk membuat media semai, campurkan tanah, kompos dan sekam dengan perbandingan 2:1:1, kemudian media semai tersebut dimasukkan  ke dalam polybag atau tray semai, sebelum benih siap disemai.

Selama penyemaian juragan bisa menutupnya dengan daun pisang selama 2-3 hari. Hal tersebut bertujuan agar  tanaman tidak terkena sinar mata hari dan guyuran hujan secara langsung.

Setelah 3-4 hari, penutup semai bisa dibuka agar benih dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Setelah itu juragan bisa melakukan penyiraman 2 kali sehari. Juragan bisa memindahkan benih hasil persemaian setelah benih mengeluarkan 3-4 helai daun.

Penanaman

Buatlah lubang pada bedengan, keluarkan benih hasil penyemaian benih sawi putih siola pertiwi. Cara pengeluaran benih tentuu bukan dengan mencabut sawi putih dari media semai. Namun juragan harus menyobek polybag untuk selanjutnya dimasukkan tanah beserta tanaman sawi yang berasal dari media penyemaian le lahan yang sudah dipersiapkan.

Apabila benih sudah dimasukkan kedalam, langkah selanjutnya adalah menimbunnya dengan tanah secara perlahan dan ditekan-tekan secara perlahan.

Perawatan dan pengendalian Hama

Setelah penanaman dilakukan maha hal yang perlu juragan lakukan adalah perawatan terhadap tanaman Sawi putih siola pertiwi.  Salah satunya adalah pemupukkan.

Pemupukan dapat juragan lakukan sebanyak 2 kali, baik pada waktu awal penanaman benih maupun saat tanaman sudah besar.

Selain pemupukan, pengendalian hama dan penyakit merupakan hal yang menjadi kendala dalam pembudidayaan tanaman sawi putih siola pertiwi. Pengabaian terhadap hama atau penyakit yang menyerang dapat mengancam produktifitas dan juga mengakibatkan tanaman menjadi abnormal atau gagal panen.

Salah satu hama yang kerap menyerang tanaman sawi adalah Ulat perusak daun. Hal ini bisa juragan cegah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi. Hama ini dapat mengakibatkan daun sawi berlubang dan bahkan kering. Untuk mengatasinya juragan bisa menyemprotkan insektisidan seperti Bukdok 25 EC dan March 50 EC.

Selain hama penyakit seperti bercak daun juga bisa menjadi ancaman gagal panen bagi seluruh petani sawi putih. Penyakit bercak daun ini ditandai dengan kondisi daun tanaman sawi yang berwarna coklat kehitaman bahkan layu. Selain menjaga kebersihan lahan, juragan bisa mengatasi hama ini denga cara penyemprotan fungisida berbahan aktif berupa Bion M 1/48 WP.

Pemanenan

Ada 2 Cara memanen sawi putih siola pertiwi yang bisa juragan lakukan. Pertama yaitu dengan cara mencabut seluruh tanaman beserta akarnya, kedua juragan dapat memotong bagian pangkal batang yang berada diatas tanah.

Agar tidak cepat layu, juragan dapat menyimpan sawi hasil panen di tempat yang teduh. Penyimpanan sawi pasca panen bisa menggunakan wadah seperti keranjang bambu ataupun wadah plastik yang berlubang-lubang untuk menjaga sirkulasi udara.

Jual Benih / Bibit Sawi Siola

Toko Deeres juga jual bibit atau benih sawi Siola dengan per kemasan 10 gram seharga Rp 60,000. Harga belum termasuk ongkos kirim. Harga juga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jika Juragan ingin memesannya, segera whatsapp kami 0822-4111-3131. Jangan sampai membeli benih palsu ya. Dapatkan produk asli 100% di Toko Deeres.

Benih Sawi Putih - Siola - 10 gr - Benih PertiwiBenih Sawi Putih - Siola - 10 gr - Benih PertiwiBenih Sawi Putih - Siola - 10 gr - Benih Pertiwi

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani
Benih Kembang Kol Roo So 45, Jelas Terbukti
Benih Kembang Kol Terbaik dari Formula 35, Siap Segala Musim

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − eight =