Benih Tomat Servo F1 Cap Panah Merah, Tahan Virus Gemini Terbaik

0
157
Tomat Servo F1

Benih Tomat Servo F1 nyatanya juga menjadi salah satu favorit petani, karena salah satu keunggulannya adalah kualitas buah yang lebih besar dari jenis yang lain. Keunggulan tersebut tentu berpotensi mendatangkan keuntungan penjualan lebih banyak.

Meski demikian perlu juragan ketahui bahwa tanaman tomat kerap mendapatkan serangan dari gemini virus, parahnya hingga saat ini belum ada pestisida yang 100 persen mampu melibas gemini virus. Sehingga salah satu upaya yang bisa Juragan ambil adalah dengan memilih bibit tomat varietas yang tahan terhadap gemini virus, seperti benih Tomat Servo F1 Cap Panah Merah.

Tomat sendiri merupakan sayuran favorit yang kerap dijumpai dalam sajian makanan seperti sup. Kandungan likopen dalam tomat juga bisa menjadi antioksidan yang mampu melawan inflamasi.

Selain itu kandungan likopen disebutkan bahwa tomat memiliki andil besar dan bermanfaat penurunan risiko  kanker lambung bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Hasil Tanam

Tomat Servo Cap Panah Merah memiliki potensi hasil teanam sebanyak 45-73 ton per hektar. Dengan buah yang bulat dan keras berpundak hijau.

Jika ditanam dengan perawatan yang baik serta ditanam pada ketinggian ideal 145-345 mdpl, juragan bisa mendapatkan 35 – 53 buah tiap satu tanaman tomat servo f1 cap panah merah ini.

Tomat Servo F1

Persiapan Lahan

Persiapan tanah dilakukan untuk menciptakan kondisi fisik, kimia dan biologis tanah menjadi lebih baik.

Menyingkirkan gulma dan tanaman liar yang tidak diinginkan sangat diperlukan, serta meratakan tanah untuk memudahkan cara menanam tomat.

Jangan lupa juga persiapkan pengaturan irigasi dan drainase serta untuk menempatkan sisa-sisa tanaman pada lahan yang sesuai, hal tersebut bertujuan agar proses dekomposisi dapat berjalan dengan baik.

Untuk mendapatkan tekstur tanah yang gembur, juragan bisa mengolah tanah dengan cara dicangkul atau dibajak dengan kedalaman kurang lebih 20 cm.

Pembajakan atau pencangkulan ini juga bertujuan untuk membunuh patogen tanah.

Setelah tanah menjadi gembur, bentuklah bedengan dengan ketinggian 30 cm lebar 1 meter dan panjang mengikuti kontur lahan. Aturlah jarak antar bedengan selebar 30 – 40 cm.

Juragan juga bisa menambahkan Black Bos, penambahan ini bertujuan untuk mencegah penyakit tular tanah sehingga memberikan sistem ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit.

Setelah tekstur tanah menjadi gembur, taburkan pupuk kandang sebanyak 20 ton per hektar atau tambahkan NPK sebanyak 100 g/m pada bedengan, jika tanah terlalu asam atau ph kurang dari 5,5 maka tambahkan kapur dolomit sesuai dosis.

Penyemaian

Penyemaian bisa dilakukan pada wadah seperti polybag, kaleng bekas atau pot. Apapun wadahnya jangan sampai juragan lupa melubangi bagian dasar wadah. Hal ini bertujuan untuk membantu memudahkan akar mencari sumber nutrisi dari air.

Media semai bisa berupa campuran tanah, sekam bakar atau pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1.  Sebelum membenamkan bibit tomat Servo F1 Cap Panah Merah, pastikan media tanam dalam kondisi gembur. Juragan bisa membasahinya terlebih dahulu dengan air.

Bibit yang disemai harus mendapatkan air secara teratur, selama proses persemaian bibit perlu dijaga agar tidak kering dan tidak terlalu basah. Juragan bisa menyemprotnya 1-2 kali sehari.

Jika kondisi media tanamnya lembab, penyemprotan air cukup dilakukan sekali sehari, bahkan cukup 2 hari sekali. Karena kelebihan penyiraman juga berdampak negatif pada kondisi tanaman yang terlalu lembab.

Hal ini memicu jamur mudah datang dan menyerang buah.

Penanaman

Untuk menanam tomat Servo F1 Cap Panah Merah, disarankan untuk menanamnya pada pagi hari ketika matahari tidak terlalu terik dan tanah masih kaya akan embun.

Untuk menanamnya, Juragan bisa memindahkan tanaman dari persemaian yang telah memiliki 3-4 helai daun.

Pemindahan dilakukan satu persatu secara pelan-pelan agar tidak terjadi kerusakan pada akar yang masih lemah.

Untuk memindahkannya juragan bisa  menggunakan sekop kecil secara hati-hati.

Pemeliharaan

Pada tomat servo cap panah merah perlu mendapatkan perlakuan spesial. Meliputi penyiraman, pemupukan, pemasangan ajir dan penyulaman.

Penyiraman bisa disesuaikan dengan kondisi tanamnya, jika kondisinya mudah kering maka frekuensi penyiraman bisa dilakukan 2 kali sehari.

Jika media tanam cenderung lembab maka cukup lakukan satu kali penyiraman pada pagi atau sore hari.

Untuk pemupukan sendiri bisa dilakukan dengan pupuk kandang atau NPK sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan pupuk.

Setelah tomat servo cap panah merah tumbuh sekitar 14-22 cm. Atur jarak ajir dengan tanaman sekitar 6-11 cm. Pemasangan ajir yang terlambat justru dapat mengakibatkan akar tanaman rusak.

Ajir sendiri merupakan penyangga atau penegak, bisa berupa bilah bambu atau kayu. Alat ini berfungsi sebagai tempat bersandar dan tempat rebahan/merambatnya tanaman.

Jika disekitar tanaman tomat servo cap panah merah ditumbuhi gulma, maka lakukan penyiangan dengan mencabuti gulma tersebut sekaligus menggemburkan tanah di sekitar tanaman.

Pengendalian Hama Penyakit

Hama pada tanaman tomat umumnya akan muncul semakin tinggi pada musim kemarau. Seperti kutu dauh, ulat gerayak dan lain sebagainya.

Jika satu tanaman terserang hama dan dibiarkan, maka hal ini akan cepat menular ke tanaman lain, sehingga tidak boleh dibiarkan.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida untuk hama serangga dan akarisida untuk tungau sesuai dengan dosis.

Pemanenan

Juragan bisa memanen tomat servo cap panah merah setelah tanaman berumur 65-70 Hari Setelah Tanam. Buah yang dipanen tidak selalu berwarna merah, bisa juga berwarna orange kemerahan.

Untuk buah yang masih berwarna hijau tentu masih memerlukan beberapa hari lagi untuk bisa dipanen.

Waktu panen terbaik adalah pagi hari dan sore hari, hal ini bertujuan untuk mengurangi respirasi buah tomat. Selain itu hindari meletakkan tomat pasca panen di tempat yang terpapar matahari langsung. Taruhlah tomat dibawah pohon yang rindang dan kering yang cukup.

Benih Tomat - Servo F1 - 1.750 btr - Cap Panah MerahBenih Tomat - Servo F1 - 1.750 btr - Cap Panah MerahBenih Tomat - Servo F1 - 1.750 btr - Cap Panah Merah

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani lainnya
Bawang Merah Lokananta, Menguntungkan & Paling Banyak Dicari
Tahan Layu, Perkenalkan Bibit Cabe Rawit Merah Viral

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 3 =