Budidaya Sukses Melalui Benih Wortel New Kuroda

86
benih wortel new kuroda

Benih Wortel New Kuroda Produksi Takii Seed merupakan benih wortel asal  negara matahari terbit. Varietas ini bisa dibilang unggul dan legend di kalangan petani. Salah satu keunggulan yang perlu juragan pertimbangkan adalah ketahanan benih ini terhadap hama dan penyakit yang relatif lebih baik dari wortel varietas lainnya.

Benih wortel new kuroda sangat cocok ditanam pada dataran dengan ketinggian 700-1500 mdpl.

Wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung protein, beta karoten, vit B, vit C dan masih banyak kandungan lainnya.

Sayuran ini juga berkhasiat untuk mencegah stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kolesterol, mengencangkan kulit muka dan lain sebagainya.

benih wortel new kuroda

Hasil Tanam

Wortel New Kuroda memiliki warna merah mengkilat, selain itu ukuran wortel varietas asal jepang ini juga bisa dibilang besar dengan rata-rata berat 300 gram/ubi, hal inilah yang menjadi alasan wortel varietas new kuroda digemari oleh pasar.

Persiapan Lahan

Sebelum menanam Wortel New Kuroda, juragan perlu penyiapkan lahan yang gembur dan memiliki tata udara yang baik.  Salah satu caranya adalah dengan mengolah tanah atau menggemburkannya engan manggunakan traktor, juragan bisa menggunajan implement blade J. Jika lahan tidak terlalu luas maka  juragan bisa mencangkulnya dengan kedalaman 15 cm.

Setelah lahan menjadi gembur, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membuat bedengan, hal ini bertujuan agar ketika hujan turun lebat, tanaman wortel tidak akan tergenang dan membantu penyerapan air ke dalam tanah.

Ukuran bedengan untuk budidaya wortel adalah lebar 100 cm dengan panjang yang disesuaikan dengan bentuk lahan, serta ketinggian sekitar 20 cm.

Setelah bedengan terbentuk sempurna, sebaiknya juragan bisa memberi pupuk terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk memperbaiki sifat biologis tanah serta sifat kimia dan fisik tanah. Pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk kandang matang dengan dosis 15-20 ton/hektar.

Penanaman

Wortel merupakan salah satu tanaman yang tidak sulit untuk dibudidayakan, salah satunya karena wortel tidak memerlukan penyemaian benih terlebih dahulu.

Dalam satu hektar lahan, juragan membutuhkan sekitar 3 – 5 Kg benih. Bentuk benih yang cenderung menempel satu sama lain tentu harus dipisahkan dengan cara digosok-gosokkan terlebih dahulu dengan menggunakan telapak tangan agar benih-benih tersebut tidak menempel satu sama lain.

Setelah digosokkan, benih bisa ditanam pada bagian atas bedengan seccara merata mengikuti alur yang tersedia. Jangan lupa setelah benih ditebar, tutup benih dengan tanah tipis sedalam 1 cm.

Kemudian buat garitan dangal sekitar 5 cm dari tempat benih untuk meletakkan pupuk dasar.  Pupuk yang diberikan adalah campuran TSP 400 Kg dengan KCI 150 Kg. Setelah pupuk disebar merata, tutup lahan dengan tanah tipis.

Jika wortel ditanam pada musim hujan, juragan perlu mengantisipasinya agar benih wortel yang masih muda tidak hanyut terbawa air. Untuk mencegah hal ini, maka juraga bisa menutup tiap alur dengan pelepah daun pisang atau dedaunan kering selama 7-10 hari. Penutupan ini selain menyelamatkan benih wortel yang juragan tanam, juga berfungsi sebagai penjaga kestabilan kelembaban tanah.

benih wortel new kuroda

Perawatan

Apabila tanaman wortel sudah mencapai umur 1 bulan, maka juraga harus melakukan penjarangan agar wortel dapat tumbuh lebih cepat dan lebih subur. Selain tiu lakukan penyiangan terhadap gulma yang ada di sekitar tanaman, hal ini berguna agar wortel tidak berebut unsur hara dalam tanah.

Satu hal yang harus diperhatikan betul adalah pengairan tanaman wortel pada masa awal pertumbuhan. Ketika tanaman masih kecil maka juragan bisa melakukan penyiraman 1-2 kali sehari. Setelah tanaman tumbuh besar, penyiraman dapat dikurangi intensitasnya, meski demikian juragan harus memastikan kelembaban tanah tetap terjaga.

Perawatan wortel bisa dibilang cukup mudah, juragan bisa melakuka pemupukan sekitar 5 atau 6 minggu setelah ditanam dengan frekuensi pemberian 2 minggu sekali. Juragan bisa menggunakan campuran pupuk urea dan KCI dengan perbandingan 2:1, Urea 200 Kg/ha dan KCI 100kg/ha . Pupuk tersebut ditaburkan di dalam garitan dengan jarak 5 cm dari pangkal batang tanaman.

Sedangkan untuk pemupukan susulan dari menanam wortel secara organik, bisa menggunakan pupuk kandang atau kompos. Juragan bisa menaburkan kompos di atas permukaan bedengan dengan dosis pemberian pupuk sebanak 0,5Kg/tanam.

Penanganan Hama & Penyakit

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman wortel memang cukup banyak, beberapa diantaranya seperti kutu daun, ulat tanah dan lain sebagainya. Sedangkan penyakit yang menyerang tanaman adalah bercak daun.

Meski demikian, tanaman wortel varietas kuroda memiliki ketahanan terhadap penyakit seperti bercak daun.

Untuk mengatasi hama yang menyerang seperti kutu daun yang dapat menyebabkan daun menjadi kering, juragan bisa memberantasnya dengan menyemprotkan insektisidan sesuai dosis. Selain itu rotasi tanaman juga perlu agar siklus hidup hama terputus.

Pemanenan

Wortel yang telah ditanam dan dirawat dengan baik dapat dipanen setelah 3 bulan ditanam. Teknik untuk memanen wortel memang tidak terlalu sulit. Juragan hanya perlu mencabut tanaman kemudian membersihkannya dengan air.

Meski demikian, ketepatan waktu memanen wortel juga penting, jika terlalu tua maka ditakutkan umbi akan menjadi keras dan mengurangi kualitas hasil tanam.

Benih Wortel - New Kuroda - 100 gr - Takii SeedBenih Wortel - New Kuroda - 100 gr - Takii SeedBenih Wortel - New Kuroda - 100 gr - Takii SeedBenih Wortel - New Kuroda - 100 gr - Takii Seed

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani lainnya

Mungkin Juragan Juga Suka
Benih
5 Peralatan Hidroponik Untuk Pemula

Apakah anda sedang mencoba menanam untuk pertama kali namun bingung dengan cara tanamnya? Apalagi lahan lokasi anda menanam terbatas, dan Read more

Penyemaian Cabe
Cara Terbaik Agar Tanaman Cabe Berbuah Lebat

Agar tanaman cabe berbuah lebat ternyata banyak caranya. Meskipun cara ini memerlukan perhatian agar kelak mendapat hasil optimal. Tekun, serius Read more

Bawang Merah Lokananta
Lokananta, Benih Bawang Pesaing Tuk Tuk

Benih Bawang Merah varietas Lokananta asli Cap Panah Merah. Banyak petani yang telah menggunakannya. Meskipun perusahaannya sendiri telah memproduksi varietas Read more

Benih Bawang Merah - Tuk Tuk - 50 gr - Cap Panah Merah
Tuk Tuk, Benih Bawang Merah Idola nan Fenomenal

Berikut adalah Benih Bawang Merah, varietas Tuk Tuk, asli dari Cap Panah Merah yang tidak perlu anda ragukan kualitasnya. Meskipun Read more

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − two =