Rahasia Untung Menanam Jagung Manis Sweet Boy

0
147
Jagung Manis Sweet Boy

Benih Jagung Manis Sweet Boy merupakan varietas jagung yang memiliki kadar gula yang tinggi sehingga memiliki citarasa manis alami.

Benih jagung manis umumnya dapat tumbuh dengan baik pada wilayah dengan curah hukan sekitar 250 – 5000 mm. Jika curah hujan kurang, maka lahan jagung harus diberikan sistem pengairan yang baik.

Pengolahan Jagung manis sweet boy biasanya digunakan untuk campuran sayuran, jagung bakar atau dijadikan olahan makanan manis seperti jasuke yang banyak dijual di pinggir jalan.

Hasil Tanam

Jagung Manis Sweet Boy Cap Kapal Terbang memiliki kadar gula hingga 13,4 brix. Ukuran tingkolnya besar, terisi penuh dan seragam. Panjang tongkol bisa mencapai 18-20 cm dengan diameter 5 sampai 6 cm tanpa kelobot.

Jagung manis varietas sweet boy ini umumnya akan menampakkan biji jagung berwarna kuning cerah dengan jumlah 14-16 baris per tongkol jagung.

Persiapan Lahan

Umumnya lahan yang akan ditanami jagung manis harus dibersihkan terlebih dahulu dari rumput liar dan semak belukar.

Setelah turun hujan dan tumbuh rumput barulah disemprot dengan herbisida, penyemprotan dilakukan 2 kali sebelum tanam, penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya gulma.

Benih Jagung Manis Sweet Boy umumnya bisa ditanam pada semua jenis tanah, dengan syarat tanah tersebut subur dan gembur.

Penggemuran bisa dilakukan dengan menggunakan traktor atau dengan mencangkulnya. Jagung Manis Sweet Boy ini juga bisa tumbuh di lahan gambut atau pasir.

Pembajakan lahan wajib dilakukan untuk menghilangkan rumput liar dan atau gulma. Jika dirasa lahan yang hendak ditanami benih jagung manis tersebut kurang subur, penambahan pupuk kandang atau kompos bisa menjadi salah satu alternatif penyuburan lahan. Penggunaan pupuk kandang sangat disarankan. Setelah itu biarkan lahan selama 1 minggu.

Konsisi pH yang baik untuk pertumbuhan jagung hibrida berkisar antara 5,5 – 70 dan pH optimal pada angka 6,8 terutama saat berbunga dan pengisian biji.

Tentu bisa juga ditambahkan kapur pada tanah agar ph tettap terjaga yaitu tidak terlalu asam. Jika terlalu asam maka tanaman akan mudah busuk.

Cara Persemaian

Benih Jagung Manis Sweet Boy disimpan di dalam pot dengan media pupuk kandang dan arang sekam selama 1 minggu. Tambahkan pupuk organik. Benih bisa dipindah ke lahan setelah tumbuh 3-5 daun.

Penanaman

Setelah tanah dibajak buatlah lubang dengan diameter 6 cm dan kedalaman sedalam 7 cm. Disarankan untuk memberikan jarak sekira 75 x 30 cm antar lubangnya.

Setelah itu Masukkan 2 benih jagung manis sweet boy kedalam lubang. Tutuplah lubang dengan tanah agar benih dapat tumbuh.

Lakukan penanaman benih jagung manis varietas sweet boy pada saat musim penghujan atau akhir musim penguhan.

Pemeliharaan

Pemeliharaan yang cukup vital adalah pembasmian gulma di sekitar tanaman atau penyiangan. Penyiangan pertama dilakukan pada umur 21 hst dengan cara mencabut gulma.

Penyiangan kedua dilakukan setelah tanaman jagung manis berumur 42 hst dengan menggunakan kored.

Penyiangan ini dimaksudkan agar daun menjadi berimbang, cara pengendaliannya yakni dengan mancabut rumpu-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman guna mengatasi persaingan unsur hara pada tanaman.

Jagung Manis Sweet Boy

Selain itu pengairan juga dibutuhkan agar tanaman jagung dapat tumbuh subur. Pengairan pertama saat penanaman.

Selain itu pengairan juga diperlukan saat proses pembungaan dan pengisian biji sekitar 60 hari setelah penanaman.

Pemupukan tentu menjadi hal yang tidak kalah penting dalam memelihara jagung manis sweet boy. Pupuk NPK adalah yang direkomendasikan.

Setiap batang jagung setidaknya membutuhkan setengah genggam pupuk. Taburkan pupuk dibawah tanaman.

Pengendalian Hama Penyakit

Hama memang menjadi hal yang merisaukan. Hama yang sering menyerang jagung manis adalah ulat daun, lalat buah, ulat tanah, ulat tongkol, kutu daun dan lain sebagainya.

Hama yang tidak dikendalikan maka berpotensi menggagalkan panen, sehingga penting bagi petani jagung untuk mengenal hama yang mengancam menurunkan kualitas jagung manis.

Pencegahan terhadap hama bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida ang tepat seperti folidol atau yang lainnya dengan dosis tertentu.

Meski demikian, jagung manis sweet boy relatif tahan terhadap penyakit bercak daun dan karat daun.

Pemanenan    

Setelah serangkaian ritual penanaman dan perawatan, maka tibalah waktunya untuk memanennya.

Jagung Manis umumnya bisa dipanen setelah tanaman tersebut memasuki usia 64 hingga 82 hari setelah masa tanam.

Waktu ini berjarak kurang lebih selama 21 hari setelah berbunga. Umumnya, Jagung manis sendiri dapat dipanen untuk dikonsumsi dalam keadaan segar

Jika benih jagung manis sweet boy ditanam di dataran tinggi, maka waktu panennya bisa lebih lama, yakni mencapai 104 hari setelah masa tanam.

Untuk mendapatkan kandungan rasa manis maksimal, maka pemanenan bisa dilakukan pada umur 20 hari setelah bunga betina berbuah.

Setelah itu kandungan gula pada jagung akan berangsur menurun. Semakin tua, kandungan gula pada jagung manis akan semakin berkurang.

Dalam sekali panen, jagung manis sweet boy cap kapal terbang ini bisa menghasilkan produktifitas sebesar 14 ton per hektare.

Benih Jagung Manis - Sweet Boy - 250 gr - Cap Kapal TerbangBenih Jagung Manis - Sweet Boy - 250 gr - Cap Kapal TerbangBenih Jagung Manis - Sweet Boy - 250 gr - Cap Kapal Terbang

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani lainnya
Bibit Brokoli Green Magic Sakata, Ajaib Tahan Penyakit
Bibit Bawang Merah Lokananta, Bibit Murah Pilihan Petani
Raup Keuntungan Dengan Bibit OR Twist 42

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − five =