Strategi Jitu Menanam Tomat Gustavi F1 Panah Merah

142
Tomat Gustavi F1 Panah Merah

Tomat Gustavi F1 Cap Panah Merah bisa dikatakan sebagai benih varietas unggul. Dalam 1 hektar tomat varietas gustavi ini bisa menghasilkan 60 ton tomat atau 4 Kg tomat per tanaman.

Selain itu tomat varietas ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan virus gemini dan penyakit layu bakteri yang kerap menyerang tanaman tomat.

Tanaman ini cocok ditaman pada dataran rendah hingga menengah. Selain itu tanaman ini juga cocok ditanam saat musim penghujan.

Tomat Gustavi F1 Panah Merah

Persiapan Lahan

Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik dengan syarat tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara. Ph tanah yang optimal adalah pada angka 5-6. Selain itu perhatikan juga kebutuhan sinar matahari, karena tanaman ini akan tumbuh secara optimal dengan sinar matahari senilai 200-400 footcandle.

Untuk menggemburkan tanah juragan bisa menggunakan alat pertanian seperti cangkul atau traktor. Cangkul dengan kedalaman 25 hingga 35 cm agar tanah yang ada dibawah bisa dibalik keatas begitupun sebaliknya.

Setelah tanah menjadi gembur, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pembuatan bedengan setinggi 25 cm dengan lebar kurang lebih 100 cm. Jangan lupa buatlah parit antar bedengan dengan jarak 30 cm.

Apabila bedengan telah selesai, langkah selanjutnya adalah pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos, pemberian pupuk bisa dilakukan dengan cara ditaburkan diatas tanah dengan dosis 10 Kg untuk lahan seluas 10. Ratakan pupuk dengan menggunakan cangkul dan diamkan selama 1 minggu.

Setelah itu buatlah lubang tanam dengan jarak 50 cm x 60 cm, dengan kedalaman sekitar 5 – 7 cm. Jika menggunakan mulsa plastik silver, maka juragan bisa melubanginya dengan menggunakan kaleng yang panas.

Persemaian

Agar terhindar dari kegagalan dalam budidaya tomat gustavi, maka juragan perlu melakukan persemaian benih sebelum menanamnya.

Juragan bisa melakukan penyemaian dengan media polybag ukuran kecil satu persatu. Siapkan pula media tanamnya yakni tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pemindahan benih dari persemaian ke lahan tanam bisa dilakukan setelah benih bibit berusia 25 hari.

Penanaman

Menanam benih tomat gustavi cap panah merah bisa dilakukan di pot atau di lahan, namun untuk skala besar tentu saja penanaman di lahan akan lebih efektif.

Juragan bisa menanam benih tomat gustavi cap panah merah degan memasukkan ke dalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya, kemudian siram dengan air secukupnya dan tutup lubang dengan tanah bekas galian.

Pemeliharaan

Tanaman tomat merupakan tanaman yang cukup sensitif sehingga memerlukan perawatan secara intensif. Tanaman ini cukup rentan terhadap hama dan penyakit, terutama yang ditanam pada dataran rendah.

Namun tentu saja ada berbagai cara untuk mencegah penyerangan hama dan penyakit dengan beberapa upaya, seperti penyulaman, penyiangan, pemangkasan, pengairan dan lain sebagainya.

Penyulaman, langkah ini berfungsi untuk mengganti tanaman yang gagal tumbuh, baik sakit atau rebah karena cuaca. Penyulaman bisa dilakukan setelah satu minggu tomat ditanam.

Penyiangan, langkah ini biasanya dilakukan 3-4 kali selama musim tanam. Pada areal tanam yang ditutup mulsa, penyiangan bisa lebih jarang lagi. Penyiangan bertujuan untuk mengangkat gulma yang ada di areal tanam.

Pertumbuhan gulma akan mengganggu tanaman, karena tanaman harus bersaing dalam mendapatkan nutrisi. Di sisi lain gulma yang dibiarkan juga dapat mengundang hama maupun penyakit yang dapat merusak tanaman tomat.

Pemangkasan, juragan bisa melakukan langkah ini setiap minggu. Pemangkasan tunas muda bisa dilakukan dengan tangan, namun jika sudah terlalu keras maka juragan bisa menggunakan gunting potong atau pisau. Pemangkasan ujung tanaman dilakukan setelah terlihat jumlah dompolan buah sekitar 5-7 buah.

Untuk memeliharan keberlangsungan tanaman tomat agar tetap tumbuh optimal, pengairan juga dibutuhkan, karena jika tanaman kekurangan air maka dapat menyebabkan pecah-pecah pada buah tomat yang dihasilkan. Namun jika air terlalu banyak, justu dapat menghambat fase generatif.

Penyiraman bisa dilakukan saat musim kemarau pada pagi hari, namun jika curah hujan relatif cukup maka juragan tidak perlu melakukan penyiraman.

Jika curah hujan relatif cukup, juragan hanya perlu memperbaiki drainase di sekitar tanaman agar air tidak menggenang disekitar tanaman.

Agar tanaman tidak mudah roboh, maka pemasangan ajir sangat diperlukan. pemasangan ajir ini dilakukan sedini mungkin agar tidak melukai akar.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Perlu juragan tahu bahwa hama dan penyakit pada tomat seperti ulat buah, tungau, bercak daun, bercak coklan dsb, tidak bisa jika diberantas hanya dengan mengandalkan pestisida saja.

Karena pestisida hanya bersifat sementara dan dapat menaikkan biaya produksi.

Salah satu cara efektif untuk membasmi hama ataupun penyakit adalah dengan menerapkan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Salah satu contoh penerapannya adalah dengan memanfaatkan predator alami serta memilih benih varietas unggul seperti benih tomat gustavi cap panah merah.

Pemanenan

Umumnya tanaman tomat bisa dipanen setelah berumur 60 sampai 100 hari setelah tanam.

Selain itu juragan juga bisa memanennya ketika buah tomat yang berwarna hijau berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Waktu pemanenan sendiri bisa juragan lakukan pada pagi atau sore hari.

Harga Tomat Gustavi F1

Harga benih tomat Gustavi F1 terkini adalah Rp 183,000 per kemasan 1.750 butir. Harga tersebut cukup terjangkau jika dibandingkan dengan harga periode sebelumnya yang mencapai 200 ribuan per sachet.

Tidak heran jika benih tomat dari Cap Panah Merah ini menjadi buruan petani. Karena banyak keuntungan yang bisa didapat. Salah satunya adalah dapat menghemat penggunaan pestisida hingga 50%.

Juragan tertarik? Apabila tertarik atau pernah puas menggunakan benih Gustavi F1 dan ingin memesan kembali, silakan whatsapp kami melalui Toko Deeres 0822-4111-3131.

Berhati-hatilah dengan maraknya beredar benih palsu! Toko Deeres hanya menjual produk asli 100%. Tidak ori, uang kembali.

Benih Tomat - Gustavi F1 - 1.750 btr - Cap Panah MerahBenih Tomat - Gustavi F1 - 1.750 btr - Cap Panah MerahBenih Tomat - Gustavi F1 - 1.750 btr - Cap Panah Merah

Pemesanan benih :
0822-4111-3131 (whatsapp)
atau klik disini

Info selengkapnya :
https://deeres.id/
https://tokodeeres.com/

Baca juga :
Kabar Tani
Benih Tomat Servo F1 Cap Panah Merah, Tahan Virus Gemini Terbaik

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =